Mohon Kritik dan Sarannya Untuk Kemajuan Blog Ini

Mencegah Virus Menyerang Komputer

Mencegah lebih baik daripada mengobati, mungkin itu kata yang tepat untuk mengatasi masalah virus komputer. Karena sebagus apapun antivirus yang anda pakai, kalau virus sudah terlanjur menginfeksi maka antivirus tidak bisa berbuat apa-apa.

Berikut ini tips untuk mencegah masuknya virus ke komputer anda :
 


Pertama, nonaktifkan fasilitas autoplay, karena dengan cara ini anda dapat mencegah masuknya virus autorun dari flash disk maupun CD. Caranya klik Start - Run - ketikkan gpedit.msc dan tekan enter. Pilih User Configuration - Administrative template - System. Double klik pada Turn off autoplay dan pilih Enable dan pilih All drives pada pilihan di bawahnya lalu klik ok dan tutup.

Kedua, tampilkan semua file hidden dan system dan jg extensi dari file tersebut. Caranya pada windows explorer klik menu Tools - Folder option - pilih tab View. Check pada Show hidden files and folders, uncheck pada Hide protected operating system dan Hide extention for known types.

Ketiga, hilangkan kebiasaan double klik saat membuka flash disk yang baru terkoneksi ke komputer karena akan mengeksekusi file autorun yang biasanya dibuat oleh virus untuk menyebarkan dirinya. Biasakan klik ksnsn lslu pilih explore untuk membuka drive tersebut.

Keempat, segera hapus jika anda menemukan file yang tidak dikenal yang biasanya beratribut hidden seperti aurorun.inf, snxhf.cmd, jdhf.bat, boot.exe, dll.

Kelima, scan flash disk atau cd yang baru terkoneksi ke komputer sebelum dibuka dengan antivirus anda.

Keenam, jangan malas melakukan update antivirus yang anda pakai.

Demikianlah beberapa tips untuk mencegah masuknya virus, jika anda memperhatikan hal-hal diatas maka komputer anda akan selalu aman dari serangan virus.
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sahabat-sahabat blogger sudah menyempatkan diri untuk berkunjung di blog saya.

Silahkan sahabat-sahabat tinggalkan jejak pada kotak komentar di bawah ini.

Jadilah Komentator yang baik.

Komentar yang mengandung spam akan saya hapus.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
© Copyright 2010-2011 D i t h a All Rights Reserved.
Template Design by Ditha | Published by Ditha Templates | Powered by Dithaisper.blogspot.com.