Mohon Kritik dan Sarannya Untuk Kemajuan Blog Ini

Perangkat Komputer

Alat input langsung memungkinkan input di proses secara langsung oleh CPU melalui alat input ini tanpa terlebih dahulu dimasukan ke media simpanan luar, sehingga memungkinkan iteraksi langsung antar pemakai dengan system computer.Alat input langsumg dapat di golongkan yaitu keyboard, mouse, joystick, digitizer, scanner, ORD (Optical Character Recognation), light pen, bar code readar, pembaca kartu cerdas.

1.Keyboard

Keyboard (papan tombol) adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukan kealat proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard. Keyboard sebagai alat input langsung biasanya didampingi dengan suatu tampilan (display) yang akan menampilkan apa yang ditekan oleh keyboard. Keyboard dengan display ini merupakan suatu terminal. Beberapa alat input langsung yang mempergunakan keyboard untuk memasukan input sacara langsung adalah teleprinter terminal, financial tansaction ter-minal, poin-of-sale terminal dan visual display terminal.

* Teleprinter Terminal

Teleprinter terminal atau line terminal terdiri dari keyboard dan tampilan berupa alat cetak (printer). Input dimasukan dengan ,menekan tombol-tombol kunci yang ada di keyboard dan apa yang ditekan akan dicetak dilayar berbentuk kertas.

* Financial Transaction Terminal

Financial transaction terminal digunakan untuk teransaksi yang berhubungan dengan keuangan. Salah satu dari penggunaan terminal ini dalah untuk Electronic Fund Tranfer (EFT) dengan menggunakan ATM(Autometed Teller Machine).

* Point-Of-Sale Terminal

Point-of-sale(POS) teminal biasanya digunakan di supermarket. Alat ini terdiri dari keyboard untuk memasukan data barang yang di jual dan display untuk menampilkan data transaksi dan alat cetak untuk mencetak tanda terima untuk pembeli.

* Visual Display Terminal

Alat yang popular digunakan untuk memasukan input langsung ke alat proses sekarang ini adalah visual display terminal(VDT) atau disebut juga dengan nama visual display unit(VDU) atau video display unit yang terdiri dari keyboard dan visual display(tanpilan visual). Visual display terminal disebut juga dengan nama CTR terminal karena visual display tersebut menggunakan bahan sinar tabung katoda atau CRT(Cathoda Ray Tube).

2. Mouse

Mouse adalah pointing devide yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dilayar. Denagn menggeser mouse di bidang yang datar kursor di layer akan bergeser sesuai dengan arah penggeseran mouse.Anda dapat menekan tombol yang ada di mouse untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang di gunakan.

Mouse pertama kali di kembangkan oleh Doug Engelbart di Stanford Re-search Institute sekitar tahun 1960 yang kemidian di kembangkan dan di terapkan pada computer Xerox Star. Baru pada tahun 1982 Apple memperkenalkan produknya dengan nama Apple Lisa. Sekarang ketenaran dari computer Apple Macintosh karena penggunaan mouse ini.

3. Digitizer Graphics Tablet

Menggambar grafik secara elektonik dapat dilakukan dengan digitizer graphics tablet. Dengan alat ini memungkinkan anda untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan dua buah titik di graphic tablet denagn menggunakan alat menyerupai pen, selanjutnya hasil grafik akan tampak di layar.

4. Joystick

Adalah alat yang dapat menggerakan suatu gambar atau kursor tertentu kedalam layer monitor.

5. Scanner

Alat input yang berupa scanner bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan di baca. Alat input scanner dapat berupa Magnetic Ink Character Recognition(MICR) dan optical data reader.

* Magnetic ink character recognition

Bentuk pertama dari alat peraba(scanner) adalah alat pembaca pengenal karakter tinta magnetic.MICR readar banyak di gunakan di bank-bank di Amerika Serikat untuk transaksi cek.

* Optical data reader

Denagn MICR di butuhkan tinta magnetic yang khusus supaya bias di baca oleh alatnya. Optical data reader mempunyai kemampuan untuk membaca data langsung dari kertas biasa dan tanpa menggunakan tinta magnetic yang khusus.

6.OCR (Optical Character Recognation)

Bentuk yang paling populer adalah OCR A yang dikembangkan oleh Business Eqipment Manufacturers Assocoation (BEMA). Bentuk karakter lain yang dapat dibaca oleh OCR reader adalah bentuk OCR B dan bebtuk OCR E. OCR E mempunyai bentuk yang sama dengan bentuk karakter pada MICR. OCR reader dapat membaca dokumen yang ditulis dengan tangan. Kecepatan dari OCR reader dapat membaca sampai 120 karakter perdetik. Beberapa OCR reader masih mampu mengenal karakter yang di baca walaupun 80% dari karakter tersebut tidak jelas. OCR reader yang lama masih mempunyai tingkat kesalahan pembacaan yang cukup tinngi yaitu sampai 15% tetapi ICR reader yang sekarang tingkat kesalahan pembaca kecil yaitu kurang dari 1% atau tanpa kesalahan sama sekali bila karakter yang ditulis cukup sempurna.

7. Light Pen

Dengan light pen memungkinkan anda untuk menyentuh suatu titik di layer dan computer akan membaca lokasi tersebut. Kalau pada touch sreen anda menyentuh dengan tangan maka pada light pen anda menyentuh posisi di layer pada pen tersebut. Denagn light pen posisi sentuhan di layer akan lebih tepat dan teliti. Teknologi ini banyak di gunakan untuk membuat grafik dan gambar di dalam perencanaan dengan bantuan computer (computer aided design).

8. Bar Code Reader

Pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual di took-toko swalayan.

9. Pembaca Kartu Cerdas

Sebuah computer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung processor,RAM,ROM dan biasa digunakan untuk menyampan data pasien dan data nasabah.
OUTPUT DEVICE

Softcopy device, berupa alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan (kata,angka,karakter khusus dan symbol-sombol lain), image (grafik atau gambar) pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik.

1.Monitor atau Video Display

Video display merupakan layer yang berupa tabung sinar katoda atau Chathode Ray Tube(CRT). Biasanya video display di lengkapi dengan keyboard sehingga berfungsi ganda yaitu sebagai alat input dan sebagai alat output yang di sebut dengan terminal dan terkenal dengan nama CRT terminal atau VDT(Visual Display Terminal). Video display disebut juga dengan sebutan VDU(Visual Display Unit). Kalau anda menggunakan mikro computer maka video display yang di pakai biasanya disebut dengan monitor karena video display ini dapat juga digunakan untuk video monitor.

2. Speaker

Speaker digunakan untuk menampilkan suara-suara seperti bunyi alaram, bel, musik, suara manusia dan sebagainya yang dapat di atur lewat program. Output suara banyak dijumpai pada program-program permainan (game) dan program lainnya supaya menarik. Output suara manisia lewai speaker dapat di golongkan dalam speech coding yaiti suara manusia asli yang sudah di rekam ke computer dan speech synthesis yaitu output suara manisia yang dihasilkan dari ejaan dasar ucapan yang bukan dari suara manusia asli. Sisten DECtalk yang terdapat pada computer Digital Equipment Corporation dapat membaca suatu teks dan merubahnya kedalam suatu ucapan.

3. Flat Panel Display

Flat panel display merupakan display yang mengginakan LCD(Liquid Crystal Display) dan layarnya berbentuk pipih. Dibandingkan dengan video display LCD menggunakan lebih sedikit energi dan karena bentuk layarnya pipih maka computer portabel biasanya menggunakan flat panel display. Kelemahan dari penggunaan LCD adalah tampilannya kurang jelas apabila kalau dilihat dari sudut miring karena LCD tidak mengeluarakan sinar tidak seperti CTR. Flat panel display ada juga yang menggunakan gas yaiti campuran dari gas neon argon yang diisikan di antara lempengan kaca pipih yang menbentuk layer. Flat panel dispalay yang menggunakan gas disebut dengan plasma display.

Hardcopy device, berupa alat yang di gunakan untuk mencetak tulisan (kata,angka,karakter khusus dan symbol-simbol lain) serta image(grafi atau gambar) pada media hard(keras) seperti misalnya kertas dan film.

Printer

Printer merupakan alat pencetak dengan media kertas. Kertas yang di pergunakan umumnya adalah kertas menerus (continous form). Beberapa printer dapat juga menggunakan kertas biasa. Dipandang dari alat-alat mekanik yang digunakan printer dapat di golongkan kedalan impact printer dan nonimpact printer.

a.Impact Printer ( dengan ketukan )

Impact printer menggunakan pengetuk (hammer) untuk mencetak bentuk yang di inginkan. Impact printer menggunakan pita karbon yang ditekan membentuk langsung suatu bentuk yang utuh atau sebagian-sebagian di kertas.

* Daisy Wheel Printer

Printer ini disebut demikian karena menggunakan sebuah roda(wheel) yang berisi karakter-karakter. Tiap-tiap karakter di roda terletak pada sebuah lengan plastic yang di letakan pada pusat roda sehingga terbentuk seperti bunga seruni(daisy). Roda yang berisi karakter-karakter akan berputar dan akan berhanti pada posisi karakter yang di kehendaki selanjutnya karakter ini akan di ketuk dengan suatu pemukul dan akan tercetak di kertas melalui suatu karbon. Printer jenis ini di golongkab sebagai letter quality printer kecepatannya sekitar 55cps(karakter per detik).

* Dot Matrix Printer

Dot matrix printer(pencetak matrix titik) menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jaru besi. Bentuk berupa image atau karakter dibentuk dengan kombinasi jarum-jarum membentuk pola yang akan dicetak. Pola dari jarum diketukan ke karbon dan akan membentuk pola yang di kehendaki di kertas dalam bentuk martikx 7 baris 5 kolom atau 9 baris 7 kolom tau 9 baris 9 kolom.Printer jenis ini dapat dicetak bermacam-macam bentuk seperti grafik atau gambar. Denagn menambahkan karbon yang mempunyai beberapa warna maka dapat dicetak grafik ataupun gambar di dalam beberapa warna.

* Thimble Printer

Thimble printer juga merupakan letter quality printer menggunakan elemen berbentuk thimble yang terdiri dari batangan plastic yang di atur melingkar seperti daisy wheel tetapi batangan tersebut dibengkokan. Pola dari karakter ada di ujung batangan plastic tersebut.

* Chain Printer

Chain printer menggunakan suatu rantai yang berisi karakter-karakter untuk membentuk hasil cetakannya. Rantai tersebut akan berputar secara horizontal dan setalah tepat pada posisi pencetakan palu pemukul akan mengetuk pola karalter di rantai dan melalui karbon bentuk karakter akan tercetak dikertas. Chain printer mempunyai kecepatan yang tinggi sampai 1000 baris per menit.

* Band Printer

Band printer cara operasinya sama dengan chain printer tetapi menggunakan pita besi(steel band) yang berisi kumpulan pola karakter.

* Drum Printer

Drum printer adalah printer yang kumpulan karakternya diletakan pada permukaan luar suatu drum metal. Tiap-tiap posisi kolom percetakan terdapat suatu lingkaran kumpulan karakter di drum. Proses pencetakan karakter dilakukan dengan memutar drum sampai pada bentuk karakter yang diinginkan dan suatu palu pemukul akan mengetuk karakter tersebut.
b. Nonimpact Printer ( tanpa ketukan )
Nonimpact printer berkerjanya dengan cara menyemprotkan kertas dengan tinta. Kelemahan dari nonimpact printer adalah tidak dapat membuat sekaligus beberapa rangkap hasil cetakan.

* Inkjet Printer

Inkjet printer membentuk karakter atau grafik dengan suatu kepala cetak yang mr\empunyai pipa penyemprot kecil(nozzle) yang menyemprotkan tinta ke kertas. Supaya didapatkan hasil yang tepat dan benar tinta yang disemprotkan akan diarahkan ke bidang sasaran oleh satu atau lebih electronic deflector yang mengatir posisi horizontal dab vertical dari tinta yang disemprotkan. Penagliran tinta akan dilakukan secara kontinu dan bila tidak dibutuhkan untuk suatu bentuk tertentu maka akan dialirkan kembali ke kepala cetak. Inkjet printer akan memberikan kualitas pencetakan yang baik karena karakter dibentuk dari puluhan titik-titik tinta kecil. Beberapa inkjet printer mempunyai kemampuan untuk mencetak image dengan beberapa warna yang yang menggunakan beberapa nozzle yang terpisah.

* Laser Printer

Laser printer merupakan teknologi gabungan antara teknologi xeroxgraphic yang di temukan di fotocopy denagn teknologo leser. Dengan system ini output digital dari computer akan dirubah menjadi pulsa sinar leser dan di tembakan ke suatu drum yang peka terhadap sinar laser. Bayangan yang di tangkap di drum akan dikirim ke kertas dengan proses seperti mesin fotocopy. Laser printer membentuk karakter dalam bentuk titik-titik yang sangat kecil dan rapat sehingga menghasilkan kualitas karakter yang baik.

* Thermal Printer

Thermal printer menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang masing-masing dipanasi secara terpisah. Kertas yang digunakan untuk thermal printer adalah kertas khusus yang peka terhadap panas. Jaru besi yang dipanasi bila diletakan dengan kertas yang peka terhadap panas tersebut menyebabkan bentuk karakter akan terbakar di kertas. Thermal printer tidak dapat mencetak bentuk yang berwarna.

* Thermal Transfer Printer

Thermal transfer printer merupakan printer teknologi panas(thermal) yang terbaru dan dapat mencetak dalam bentuk warna-warna. Thermal transfer printer menggunakan kepala cetak yang dipanasi dan suatu karbon yang mengandung partikel-partikel tinta yang diletakan pada lilin. Jika lilin meleleh partikel tinta akan terlepas dan melekat di kertas.

* Electrostatic Printer

Electrostatic printer menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang diberi aliran listrik. Cara kerja electrostatic printer sama dengan thermal printer kecuali kertas yang digunakan adalah kertas khusus yang di lapisi dengan alumunium oksida. Electrostatic printer juga tidak dapat mencetak bentuk yang berwarna-warna.

Ploter

Alat cetak yang mempunyai kemampuan mencetak grafik atau gambar dengan baik adalah plotter. Kebanyakan plotter menggunakan pena(pen plotter) untuk membentuk gambar yang dicetak tetapi ada juga plotter yang menggunakan cara inkjet. Pen plotter ada yang menggunakan drum(drum plotter) ada juga yang menggunakan meja datar untuk landasan kertasnya(flat-bed plotter) atau meja gulung(roller-bed plotter).

Perangkat Input/Output (I/O Device)

Modem(MO dulator-DEModulator)

Adalah berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.Diperlikan untuk komunikasi data.

Console(Terminal)

Adalah alat komunikasi antara operator dengan computer sehingga merupakan alat (device) yang melakukan fungsi input dan output.

Card Reader

Merupakan alat yang dapat membaca kartu plong (punch card). Kombinasi lubang yang terdapat pada kartu diartikan card reader sebagai suatu symbol yang dimengerti oleh computer.

Disk Drive

Disk drive(penggerak cakram) atau disebut juga sebagai magnetic disk unit(satuan cakram magnetic) sebagai penggerak media disk yang mempunyai beberapa macam ukuran yaitu hard disk drive berukuran 14 inch dan 8 inch untuk media penyimpanan luar hard disk(cakram keras) serta disk drive berukuran 8 inchi, 5 ¼ inchi dan 3 ½ inchi media simpanan mini disk(cakram mini) dan micro disk(cakram mikro). Didalam disk drive terdapat suatu access arm(lengan penjangkau) yang mempunyai read/write head (head pembaca/penulis) untuk membaca atau merekam data ke media disk.

Tape Drive

Tape drive(penggerak pita) atau disebut juga sebagai magnetic tape unit(satuan pita magnetic) sebagai penggerak media tape mempunyai read/write head yang dapat membaca atau merekamkan data ke atau dari pita magnetic. Karena tepe drive menbaca data secara elektronik dengan cara merasakan daerah yang dimagnetisasi atau merekamkan data secara elektronok yaitu juga dengan cara mrmagnetisasi daerah tertentu maka magnetic tape dapat di olah oleh alai ini dengan kecepatan yang tinggi. Data dapat di baca atau direkamkan dengan kecepatan 100000 sampai dengan 300000 karakter per detik.

D-Drive

Drive device adalah alat penggerak untuk membaca(sebagai alat input) atau untuk merekam (sebagai alat output) data dari atau ke media simpanan luar. Oloeh karena itu drive device biasanya berfungsi ganda sebagai alat input dan alat output.

CD-ReadWriter

Adalah merupakan alat pembaca dan penulis pada Compact Disk (CD).

Central Processor Unit ( CPU )

Central prosescing unit ( CPU ) merupakan jantung daripada computer yang mana merupakan pusat pengolahan serta pusat pengontrolan dari keseluruhan sistem computer yang sedang melaksanakan pekerjaannya. CPU terdiri dari 2 bagian utama yaitu : Unit Kendali dan Unit Aritmatika dan Logika.

A. Unit Kendali atau Kontrol Unit.

Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Kontrol unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Kontrol unit mengartikan intruksi-intruksi dari program computer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada intruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim intruksi tersebut ke aritmatic and logic unit. Hasil mengolahan data ini dibawa oleh control unit ke main memory lagi untuk disimpan.

Jadi tugas dari control unit adalah sbb :


Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
Mengambil intruksi-intruksi dari main memory.
Mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses.
Mengirim intruksi ke arithmetic and logic unit bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja arithmetic and logic unit.
Menyimpan hasil proses ke main memory.
B. Arithmatic And Logic Unit.

Tugas utama dari arithmetic and logic ( ALU ) adalah melakukan perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan intruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika dengan dasar pertambahan sedangkan aritmatika yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder.
Tugas dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan intruksi program. Operasi logika ( Logical Operation ) meliput perbandingan 2 buah elemen logika dengan menggunakan operasi logika yaitu :

1. sama dengan ( = )
2. tidak sama dengan (<> )
3. kurang dari ( < )
4. kurang atau sama dengan dari ( <= )
5. lebih besar dari ( > )
6. lebih besar atau sama dengan dari ( >= )

C. Memory / Storage.
Adalah tempat menampung atau tempat menyimpan data / program yang merupakan suatu elektronik filing cabinet ( Hardware ) dalam suatu system komputer. CPU hanya dapat menyimpan data dan intruksi di register yang ukurannya kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhka untuk keseluruhan proses dari program. Untuk mengatasi hal ini maka di alat memprosesan dilengkapi dengan simpanan yang kapasitasnya lebih besar yaitu main storage atau internal memory.
Main memory dapat dibayangkan sebagai sekumpulan kotak-kotak yang masing-masing kotak dapat menyimpan suatu pengal informasi baik berupa data maupun intruksi. Tiap-tiap lokasi dari kotak ditunjukkan oleh suatu alamat ( address ). Alamat memory merupakin suatu nomor yang menunjukkan lokasi tertentu dari kotak memory.
Ukuran dari main memory ditunjukkan oleh satuan Kilo Byte atau KB yaitu 1024 byte, Mega Byte ( MB ) yaitu 1024 KB atau Giga Byte ( GB ) yaitu 1024 MB. Umumnya 1 byte memory terdiri dari 8 bit ( Binary Digit ). Tiap-tiap bit diwakili oleh digit 1 atau 0. Kombinasi dari bit dalam 1 byte tersebut membentuk suatu kode yang mewakili isi dari lokasi memory. Kode yang dipergunakan untuk mewakilinya tergantung dari komputer yang digunakan dapat berbentuk sistem kode BCD, sistem kode SBCDIC, sistem kode EBCDIC atau sistem kode ASCII.
Istilah yang terdapat dalam memory :

* Dari Kebutuhannya.

Primary memory device : Pemakaiannya suatu keharusan.
Secondary memory device : Bersifat tambahan saja.

* Dari Letaknya.

Internal memory device : Dalam prosesor ( RAM, ROM ).
Eksternal memory device : Luar prosesor ( disk, tape )

* Dari Isi Memory.

Permanent memory device : Isi tetap jika listrik mati ( disk, tape, ROM ).
Non Permanent memory device : Isi berubah jika listrik mati ( RAM ).
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sahabat-sahabat blogger sudah menyempatkan diri untuk berkunjung di blog saya.

Silahkan sahabat-sahabat tinggalkan jejak pada kotak komentar di bawah ini.

Jadilah Komentator yang baik.

Komentar yang mengandung spam akan saya hapus.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
© Copyright 2010-2011 D i t h a All Rights Reserved.
Template Design by Ditha | Published by Ditha Templates | Powered by Dithaisper.blogspot.com.