Mohon Kritik dan Sarannya Untuk Kemajuan Blog Ini

Menemukan Jati Diri Melalui Blogger

Sungguh disayangkan apabila anda termasuk orang yang belum kenal dunia blogging atau anda sudah akrab dengannya namun belum memanfaatkannya secara maksimal.

Blogging sebenarnya bukan hanya sekedar alat untuk mencari uang atau sekedar online diary, tetapi sungguh sebagai proses yang efektif untuk menemukan siapa sebenarnya diri anda, apa yang anda punya dan apa saja yang bisa anda berikan kepada pengunjung. 

Seorang blogger yang sukses menurut saya adalah blogger yang mampu menjual dirinya secara utuh akan kemampuan pada bidang yang ditekuninya dan mampu menjadi problem solver kepada para pembacanya dan bukan hanya sekedar blog yang mendapatkan pengunjung ribuan setiap harinya.
Menemukan jati diri berarti anda mengenali betul siapa anda, apa yang anda miliki sebagai kelebihan, apa kekurangan anda dan yang terpenting bagaimana kelebihan anda bisa bermanfaat bagi orang lain.

Proses yang pertama
Blog sebagai kawah candradimuka yang akan menggodok dan mendorong anda sekuat tenaga sebagai proses belajar mengenali jati diri dan kemudian men-sharing apa yang anda punyai kepada orang lain.
Sebagai contoh adalah bagaimana sulitnya bagi sebagian besar blogger untuk menulis artikel pada awal-awal blogging, dan pertanyaan yang selalu terlontar adalah: 
  • apa ya yang akan saya tulis?
  • apa bisa saya menulis?
  • apa ada orang yang mau baca tulisan saya?.. dll
Nah itulah proses awal menemukan jati diri anda, mengenali kemampuan anda dan bagaimana caranya orang tahu akan kemampuan anda. 
Proses yang kedua
Mempertajam kemampuan pada bidang yang anda minati dan kuasai plus memberikan sentuhan khas diri anda. Setiap orang boleh saja mempunyai kemampuan dan minat yang sama, namun dengan menjadi diri sendiri saya yakin anda akan keluar dari keseragaman tersebut.

Intinya adalah mencari dan mempertahankan ciri khas atau keunikan anda sebagai seorang individu. Anda adalah anda dan bukanlah dia apalagi mereka.



Proses yang Ketiga
Menjadi pemimpin pada bidang atau niche yang anda tekuni. Untuk bisa sampai pada proses yang ketiga memang bukan perkara mudah sebab anda harus mampu menggali potensi lebih dan lebih dalam lagi sehingga kemampuan anda yang tak terbatas akan muncul sebagai sumber artesis. Anda akan menjadi pakar pada bidang yang anda minati dan selalu menjadi referensi bagi orang lain. Setelah itu anda akan mendapatkan trust yang akan menjadi asset yang tak ternilai.

Namun janganlah berkecil hati, karena setiap orang pastilah mempunyai keunggulan dan daya saing yang tidak dimiliki oleh orang lain dan itulah yang harus anda temukan. Melalui blogging, anda bisa mengerahkan segala pikiran dan
kemampuan anda menemukan bakat unik yang diberikan Allah yang seharusnya bisa anda banggakan. Oleh karena itu, temukan mutiara yang terpendam dalam diri anda melalui blogging dan galilah sampai menemukan siapa jati diri anda. Selamat berjuang…!
Share this article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sahabat-sahabat blogger sudah menyempatkan diri untuk berkunjung di blog saya.

Silahkan sahabat-sahabat tinggalkan jejak pada kotak komentar di bawah ini.

Jadilah Komentator yang baik.

Komentar yang mengandung spam akan saya hapus.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
 
© Copyright 2010-2011 D i t h a All Rights Reserved.
Template Design by Ditha | Published by Ditha Templates | Powered by Dithaisper.blogspot.com.